Senin, 05 April 2010

DEKSTOP PUBLISHING FINAL EXAM semester 4






I . Company Profile
SUNRISE merupakan organisasi independen, yang menggunakan konfrontasi kreatif dan tanpa kekerasan untuk mengungkapkan masalah lingkungan hidup, serta mendorong solusi yang diperlukan untuk masa depan yang hijau dan damai. Dalam setiap melakukan aksinya, SUNRISE bersandar pada ideologi penyelamatan lingkungan dan kelompok kami mengkategorikan itu ke dalam ideologi ekologisme.
SUNRISE baru didirikan sekitar Bulan Juli tahun 2005 yang lalu. Kehadiran SUNRISE memang tergolong terlambat karena kurangnya dukungan dari masyarakat, yang tidak aware terhadap pemanasan global.
SUNRISE mempunyai tujuan untuk mendukung gerakan lingkungan yang sudah ada melalui Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang berorientasi pada lingkungan hidup. Selama ini kerusakan lingkungan hidup jarang mendapatkan perhatian serius dari pemerintah. Oleh karena itu, SUNRISE ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk menjaga lingkungan hidup dengan melindungi hak-hak lingkungan, menghentikan kejahatan lingkungan, tidak melakukan eksploitasi terhadap lingkungan hidup, dan juga memberikan solusi yang terbaik demi terwujudnya pembangunan yang bersih.
Kehadiran SUNRISE saat ini belum begitu berkembang dengan pesat seperti organisasi-organisasi independen yang peduli dengan lingkungan hidup dan bumi saat ini, seperti Greenpeace yang ada di negara luar lainnya, khususnya seperti negara-negara di Eropa maupun Amerika. Kegiatan yang dilakukan oleh SUNRISE pun belum mendapat dukungan secara maksimal. Oleh karena itu, kelompok kami akan mencoba menganalisis mengapa kehadiran SUNRISE di Indonesia belum begitu mendapat perhatian yang maksimal.

II . Tujuan
Kemunculan SUNRISE Company dimotivasi oleh visi mereka atas dunia yang hijau dan damai. SUNRISE dipelopori oleh sebuah kelompok kecil dari para aktifis muda yang berasal dari Bandung . Para aktivis ini, pendiri SUNRISE, percaya bahwa beberapa individu bisa membuat sesuatu yang berbeda.
Misi mereka adalah “bear witness” – atau yang menjadi saksi dan merekam perusakan lingkungan. Misi “bear witness” inilah yang kemudian menjadi salah satu prinsip dasar SUNRISE .

III . Target Audience
Adapun cara pemasaran kampanye paper bag kami yaitu, mengawali langkah SUNRISE Company dengan menargetkan pemasarannya kepada para pemuda pemudi yang aktif dan dinamis. Seperti kita ketahui bersama, bahwa masih banyak unsur plastik yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat Indonesia, tidak terkecuali para mahasiswa dan setingkatnya. Alasan kenapa kelompok kami memilih para mahasiswa dan setingkatnya dalam target kampanye paper bag kami adalah karena mahasiswa adalah para generasi muda bangsa yang selayaknya akan meneruskan langkah untuk membuat bumi kita menjadi lebih baik dari sekarang . Karena efek dari pemanasan global yang saat ini kita alami akan di rasakan oleh para anak cucu dan generasi yang akan datang .
Oleh sebab itu , SUNRISE Company menghimbau dan mengajak para mahasiswa dan setingkat nya untuk bersama – sama mengurangi kadar plastik dan menggantikannya dengan Paper bag yang di hasilkan dari kertas daur ulang yang ramah lingkungan .

IV . Konsep Logo
• Gambar simulasi manusia berwarna hijau melambangkan manusia yang peduli terhadap lingkungan.
• Gambar simulasi manusia berwarna putih dan kotak hijau melambangkan manusia yang menggunakan paper bag.
• Gambar lingkaran berwarna biru melambangkan dunia , dimana kampanye ini di tujukan secara global.

V . Konsep Design

• Gambar simulasi bumi melambangkan keadaan bimi kita saat ini .
• Ekspresi wajah bumi yang terlihat sedih melambangkan bahwa bumi kita sudah sangat lelah dan tertekan dengan ada nya pemanasan global akibat ulah manusia . Kami menggunakan ekspresi wajah bumi dari senang (senyum) sampai sedih, yang menjelaskan keadaan bumi yang saat ini telah tercemar plastic.
• Gambar simulasi plastik yang berwarna bening melambangkan bahwa bumi kita sudah banyak ter-cover atau tertutupi dengan plastik karena banyaknya penggunaan plastik oleh manusia .
• Gambar simulasi tali tambang yang di gunakan untuk mengikat plastik melambangkan bahwa bumi kita merasa sesak karena banyaknya plastik di muka bumi ini yang mengakibatkan pemanasan global .

VI . Tone and Style
• Times New Roman : menunjukkan bahwa tujuan dari kampanye ini adalah serius.
• Tulisan di bold : menekankan pada masyarakat bahwa bumi akan menjadi lebih baik tanpa penggunaan plastilk.
• Background cover : berwarna biru , melambangkan atmosfer bumi yabg semakin lama semakin menipis akibat polusi lingkungan, salah satunya adalah banyaknya penggunaan plastik.

KELOMPOK :

Etika Citra Sari
Cikhita Virginia
Marlina
Tasya Pangesta Syarief
Yulia Permatasari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar