Senin, 05 April 2010

A BRIEF COMMENT ABOUT BRANDING AFRICA

Tugas ini dibuat untuk melengkapi final exam marketing semester 1

Menurut saya, Benua Afrika sebenarnya adalah salah satu tempat tujuan wisata yang layak dikunjungi. Selain memiliki banyak tempat wisata yang eksotis, Afrika juga kaya akan budaya yang unik dan menarik.

Masyarakat akan membayangkan padang rumput yang luas, udara yang panas dan sangat menyengat kulit, tingkat kemiskinan yang tinggi, kelaparan, ketertinggalan akan teknologi,dan masih banyak lagi hal-hal negative lainnya jika mendengar kata ‘Afrika’.

Inilah yang tentunya menjadi tantangan, baik untuk pemerintah,pebisnis,maupun masyarakat ,untuk mengubah persepsi Afrika yang negative menjadi positif.
Dapatkah usaha ini berhasil?

Di balik persepsi negative tentang Afrika, sebenarnya Afrika juga memiliki sisi positif. Salah satu yang menjadi ciri khas dari Afrika adalah kehidupan alam liarnya. Hewan-hewan yang hidup bebas, alam luas yang masih terbentang, keindahan alam nan eksotis. Tentunya hal-hal ini tidak dapat kita lihat dan rasakan di kota-kota besar seperti Jakarta,Singapore,Malaysia,dll.

Seharusnya hal-hal tersebut di atas dapat ditonjolkan. Caranya bukan melalui dari iklan atau propaganda yang dibuat. Seperti yang tercantum dalam ‘BRANDING AFRICA’, branding is not what you say about yourself..but what others say about you!

Mengubah persepsi orang tentang Afrika memang bukanlah hal yang mudah. Pemerintah negara-negara di Afrika seharusnya mulai membangun image yang baik tentang Afrika sendiri. Mereka harus bersatu untuk memajukan Afrika. Ada negara di Afrika yang sebenarnya memiliki potensi wisata yang bagus, tetapi karena beberapa negara di Afrika kaya akan konflik dan terkenal akan kemiskinannya,stabilitas politik yang rendah, hal ini membawa dampak yang negative bagi negara-negara yang terletakdi benua yang sama. Tentunya hal ini sangat merugikan.

Pemerintah seharusnya dapat memanfaatkan potensi wisata yang telah ada dibalik semua keterbatasan yang ada dengan tidak selalu membandingkan dengan negara sekitar yang mungkin sedang bermasalah. Ciptakan keunikan yang hanya dimiliki oleh Afrika (contoh: kehidupan alam bebasnya). Majukan negara yang memiliki potensi umtuk berkembang seperti; Mesir, Afrika selatan, Morocco. Mulai membenahi negara yang bermasalah, seperti Etiophia (kelaparan), Kenya( sekarang memiliki stabilitas politik yang rendah),dll. Juga mulai mengkonsentrasikan ke pendidikan yang nantinya dapat membawa Afrika ke masa depan yang lebih baik.

Image yang baik tentunya akan sangat membantu dalam segala bidang. Dapat membuat orang selalu terbayang dengan Afrika. Dengan image yang baik, Afrika akan lebih mudah untuk berkembang dan tentunya dengan image yang baik, akan lebih mudah bagi Afrika untuk mencipatakan produk yang mencerminkan cirikhas Afrika dan membuatnya menembus pasar dunia.
2. Berdasarkan bacaan di atas dan fakta yang dilampirkan oleh Doug de Villiers,
menurut saya, program Visit Indonesia Year 2008 memiliki persentase yang besar untuk berhasil. Hal ini dikarenakan Indonesia sejak dulu telah terkenal akan keragaman budaya,suku,bahasa, dan juga makanan dan rempah-rempah. Indonesia memang pernah terpuruk di mata internasional karena ‘Kerusuhan Mei’ dan krisis moneter yang menimpa Indonesia. Tetapi sekarang Indonesia secara perlahan telah bangkit dan mulai memiliki image yang baik. Pariwisata merupakan aspek yang sangat bagus untuk dikembangkan. Selama ini hanya Bali yang ‘go internasional’, inilah saatnya untuk membuktikan bahwa masih banyak daerah di Indonesia yang patut dan layak dikunjungi selain Bali.

a & b. Segmentasi Market Tour di Asean dan Differential Advantage
Indonesia
o Geographic : negara tetangga, seperti ;Singapore, Malaysia, Phillipina. Negara maju, seperti ; China, Australia
o Demographic
 Umur :15-64 tahun
 Jenis Kelamin : semua
 status : semua
 Agama : semua
 Pekerjaan : business woman/man, pelajar, wiraswasta,dll
o Kelas Sosial : A (kelas atas), B ( kelas menengah ), c1 (kelas menengah ke bawah)
o Pendapatan : Rp 3000.000,- s/d Rp 30.000.000,-
o Differential Advantage : culture tourism

Singapore
o Geographic : negara tetangga, seperti ;Indonesia, Malaysia, Phillipina. Negara maju, seperti ; China, India, Arab Saudi
o Demographic
 Umur :15-64 tahun
 Jenis Kelamin : semua
 status : semua
 Agama : semua
 Pekerjaan : business woman/man, pelajar, wiraswasta,dll
o Kelas Sosial : A (kelas atas), B ( kelas menengah )
o Pendapatan : 6jt s/d 30jt
o Differential Advantage : healthcare tourism

Malaysia
o Geographic : negara tetangga, seperti ;Singapore, Indonesia, Phillipina. Negara maju, seperti ; China
o Demographic
 Umur :15-64 tahun
 Jenis Kelamin : semua
 status : semua
 Agama : semua
 Pekerjaan : business woman/man, pelajar, wiraswasta,dll
o Kelas Sosial : A (kelas atas), B ( kelas menengah ), c1 (kelas menengah ke bawah)
o Pendapatan : Rp 3000.000,- s/d Rp 30.000.000,-
o Differential Advantage : healthcare and education tourism

Thailand
o Geographic : negara tetangga, seperti ;Singapore, Malaysia, Phillipina. Negara maju, seperti ; China, Japan, India
o Demographic
 Umur :15-64 tahun
 Jenis Kelamin : semua
 status : semua
 Agama : semua
 Pekerjaan : business woman/man, pelajar, wiraswasta,dll
o Kelas Sosial : A (kelas atas), B ( kelas menengah ), c1 (kelas menengah ke bawah)
o Pendapatan : Rp 3000.000,- s/d Rp 30.000.000,-
o Differential Advantage : cheap shopping and healthcare tourism

• Vietnam

o Geographic : China, US, Russia, South Korea
o Demographic
 Umur :15-64 tahun
 Jenis Kelamin : semua
 status : semua
 Agama : semua
 Pekerjaan : business woman/man, pelajar, wiraswasta,dll
o Kelas Sosial : A (kelas atas), B ( kelas menengah ), c1 (kelas menengah ke bawah)
o Pendapatan : Rp 3000.000,- s/d Rp 30.000.000,-
o Differential Advantage : culture tourism

c. Perbandingan total tentang jumlah turis yang mengunjungi Indonesia, Thailand, Malaysia, Vietnam, dan Singapore.
 Indonesia : 5.51 million (2007)
 Singapore : 10.3 million (2007)
 Malaysia : 20 million (2007)
 Thailand : 9.59 million (2007)
 Vietnam : 4 million (2007)

d. Biaya yang dikeluarkan masing-masing negara untuk menarik perhatian para turis mancanegara.
 Indonesia :153 milliar
 Singapore : S$ 5 billion
 Malaysia : RM 149 million (US$42 million)
 Thailand : 110 million baht
 Vietnam : VND 4,000 billion

e.Market reset terhadap 30 orang tentang persepsi mereka kepada 5 negara tersebut.

Name ,age ,contact number: Yanuar hartanto,19,0859593272829
Indonesia : it is kind of interesting country which is rich of culture
Thailand : the only monarchy country in the region, Thailand has many natural attractions, Pattay beach which is always crowded by international tourists .Many people are encouraged to watch the traditional dances and elephant show ,besides that many unique and wonderful local products are sold cheaply
Malaysia : the people in the country are pretty similar with indonesians.They do speak melayu and English for daily conversation.Genting is a place where we can visit and able to to bet with freedom .Ther than that ,the petronas twins tower is the landmark of Malaysia.
Singapore : it is such a tiny country with a small landscape located at the end of peninsula Malaysia.However it becomes one of the richest country althought it is just a dot on the world map,the country is like heaven for shoppers.Soon there will be F1 and casino,resosrt,and genting theme park in 2010
Vietnam : it is currently the fastest growing country in south east asia economically.Many industrial sites are well developed and attracted many multi national companies to relocate their factoris in this country due to cheap labour.

Name ,age ,contact number: Hendry Rayadi,22,02193578xxx
Indonesia : quite beautiful but carelessness ,junks everywhere
Thailand : nice hospitality
Malaysia : surely Asian culture centre
Singapore : clean and shopping oriented
Vietnam : like Indonesia I thinks

Name ,age ,contact number: Jerry halim,24,0818168718
Indonesia : full of art
Thailand : temple, elephant show ,cheap for shopping and eat
Malaysia : Genting island
Singapore : transit place ,clean and safety
Vietnam : Ho Chi Min city

Name ,age ,contact number: Jonathan pramono,22,081932550887
Indonesia : dirty ,not as clean as Europe
Thailand : famous for their traffic and sissy
Malaysia : same as Indonesia
Singapore : famous for their shopping mall
Vietnam : I think they still having war with each other,so if you love your life you shouldn’t be there.


Name ,age ,contact number: Darmawan ,19 ,081806557859
Indonesia : Indonesia has many kind of tourist places ,but too bad the citizen do not care about their treasure
Thailand : Beautiful place too visit especially the pattaya beach and the other
traditional places
Malaysia : it is almost the same as Indonesia ,quite fun with the India and malay culture
Singapore : have a good management in their country about tourism ,but too bad their country too small
Vietnam : do not really understand about this country

Name, age ,contact number: Frederick, 19, 0819325006666
Indonesia : tempat wisatanya ada bali,danau toba,punya keajaiban dunia candi borobudur
Singapore : negara terkecil di Asia Tenggara, dulu di bangun jadi bandar oleh rafles,banyak tempat wisata sentosa island,jurong bird park,patung singa marion
Malaysia : negara yg hampir mirip dgn Indonesia dari segi rumpunnya, tempat wisata yg terkenal Kuala Llumpur
Thailand : negara yg ga pernah dijajah di asiatenggara,byk candi buddha,tmpt wisata ada bangkok hatcai,pattaya
Vietnam : hanoi(hochimin) trz ada makanan enak,nasi vietnam..

Name,age , contact number: Fajar,19,0818076109
Indonesia :negara yang sebenarnya memiliki banyak potensi tapi tidak dapat dikembangkan dengan baik.
Singapore : negara yang identik sebagai tempat shopping.
Malaysia : salah satu negara asia yang maju, terkenal dengan gedung petronas.
Thailand : negara yang terkenal dengan adapt, budaya yang kental, juga dengan tarian.musik,seni.
Vietnam : negara yang masih memiliki masalah politik dan terlibat dalam perang.

Name, age ,contact number : Mega,19,0818231066
Indonesia : memiliki banyak budaya, tetapi masyarakatnya tidak menganggap sebagai hal yang penting.
Singapore : negara kecil, modern,teratur,dan mengasyikkan
Malaysia : negara yang kecil, tetapi memiliki Casino terbesar di Asia
Thailand : memiliki banyak tradisi dan tempat wisata yang bagus, dimana dapat menyeimbangkan dengan budaya luar.
Vietnam : masih tradisional dan memeiliki gaya hidup yang unik.

Name, age ,contact number : Okta.19.081808597650
Indonesia : banyak kebudayaan tapi kurang dapat mengeksplorasinya.
Singapore : negara kecil tetapi dapat mengeksplor budayanya.
Malaysia : negara yang maju sector pariwisatanya
Thailand : identik dengan waria.
Vietnam : banyak kebudayaan tapi kurang dapat mengeksplorasinya.

Name, age, contact number : Charles,19,08170056923
Indonesia : tidak aman dan ekonomi yang lemah.
Singapore : bersih dan aman
Malaysia : maju di sector wisata
Thailand : identik dengan waria
Vietnam : no comment

Name. age ,contact number : Arini,19,08179952898
Indonesia : identik dengan macet,sampah,polusi, KKN, dan banjir
Singapore : negara kecil yang bersih,rapi,dan tertib. Identik dengan shopping.
Malaysia : tidak jauh berbeda dengan Indonesia, tetapi memiliki daerah wisata yang terkenal, yaitu Sunway Lagoon dan Petronas.
Thailand : perekonomian rendah tapi merata, terkenal dengan kekhasan rasa makanannya yaitu asem dan pedas, identik dengan waria.
Vietnam : Perang Vietnam

Name, age, contact number : Marlina,19,08180843101
Indonesia : kebudayaan yang unik
Singapore : identik dengan shopping
Malaysia : casino di Genting island
Thailand : gajah, nilai keagamaan yang kuat, dan terdapat banyak candi.
Vietnam : bagus

Name, age, contact number : Karina ,1,081932555664
Indonesia : tidak tertib dan terkadang masih rasis.
Singapore : negara kecil yang ekonominya kuat dan bersih.
Malaysia : tidak jauh berbeda dengan Indonesia, tapi Malaysia lebih tertib masyarakatnya.
Thailand : identik dengan waria
Vietnam : no comment

Name, age, contact number : Anita Chendra,49,081387077776
Indonesia : banyak kemudahan, pengangguran, dan ekonomi yang tidak stabil.
Singapore : bersih,tertib,rapi,nyaman untuk menetap dalam jangka waktu lama.
Malaysia : casino dan Genting island
Thailand : mata uang yang rendah, identik dengan waria.
Vietnam : no comment.

Name, age ,contact number: Eranto,18, 0817 008 9288
Indonesia: It has beautiful nature, lots of potential. Unfortunately it seems that the government doesn’t really pay much attention to it.
Thailand: One of the main tourist attractions is the beautiful transvestites. It also has great food.
Malaysia: Great place to go for food hunting and shopping.
Singapore: Great place to go to on the weekends for shopping and refreshing.
Vietnam: Unique dishes, great culture, wonderful nature.
Name ,age, contact number : Christina,23,08176367011
Indonesia : macet, kaya akan budaya dan cirri khas rasa makanan yang unik.
Singapore : negara kecil yang bersih dan tertib
Malaysia : bersih,nyaman, terkenal dengan kasino di Genting
Thailand : negeri gajah putih
Vietnam : perang Vietnam

Name, age ,contact number: Sensen,18,08179187521
Indonesia: I generally think that Indonesia’s tourist locations are actually quite good, especially Bali. But the qualities of these places are drastically reduced to the attitudes and behaviours of the locals. So my image of Indonesia’s tourists’ locations is not as good as it should be. Oh, delicious food!
Thailand: My perception about Thailand is that it’s a safe place to visit. There are lots of fun things to do there and of course, the exotic foods.
Malaysia: I think that Malaysia has good tourists’ locations; there are lots of entertainment places for the visitors. It’s very clean and I think that tourists will be thoroughly satisfied whenever they visit Malaysia because of the service provided is really good, as they really support the market of tourism.
Singapore: When I think of Singapore, I think of cleanliness and malls and restaurants. It’s definitely lacking natural tourist spots though, like mountains, rivers etc.
Vietnam: My perception of Vietnam is not that much different to that of Thailand and Malaysia. I think it has good tourist locations as well, it has cheap food and it is clean.

Name,age,contact number: Steven Su,18, +61401642253 (Sydney, Australia)
Indonesia: Lots of islands, plenty of resorts where u can have a nice time.
Thailand: Everything is cheap; people go there to have cosmetic surgeries but the quality of the services is not heavily regulated.
Malaysia: Cleaner relative to the other countries in terms of cleanliness in popular tourist areas and has a nice coastline for beaches which are always popular with the tourists.
Singapore: Strict laws; no public spitting etc. etc. Tourists might have a hard time in changing their usual habits in Singapore.
Vietnam: The streets are dirty (as with most Asian countries), even in popular tourist locations. However, the natural landscapes in certain regions remain unchanged.

Name, age ,contact number: Acun ,25,08176517843
Indonesia: The locals are kind towards tourists and the country is rich with culture.
Thailand: Lots of traffic and there are unique customs .e.g. the citizens are very respectful towards their King. Whenever they pass a picture of their King, they bow down in respect. Good culture/customs for observation.
Malaysia: There will be lots of interactions with people from different cultures as it is populated with more than one race.
Singapore: Very clean.
Vietnam: I’ve never been to Vietnam or know that much of it. The first image that comes to mind when Vietnam is mentioned, is farmers. Lots of farms, fields and meadows.

Name, age, contact number: Pieter ,19 ,02199272490
Indonesia : a lot of tradition
Singapore : senstosa island
Malaysia : petronas tower
Thailand : sissy and elephant show
Vietnam : pretty good

Name, age, contact number: teddy,20,081807866523
Indonesia :budaya Indonesia sangat beragam
Singapore :negara kecil tapi bagus
Malaysia :bahasa melayu
Thailand :banyak pekerja seks, simbolnya gajah
Vietnam :no comment


Name, age, contact number: Lia,19,085959561930
Indonesia :negara yang ketinggalan dengan negara-negara lain
Singapore :negara maju, negara yang semuanya ok
Malaysia :negara maju tp kurang menghargai negara lain
Thailand :banyak kerjaan yang illegal, banyak hostes,makananya enak
Vietnam :budayanya sangat kental, wisatanya bagus

Name, age, contact number: Jane,18,081807948959
Indonesia :Indonesia kaya akan alamnya
Singapore :negara yang bersih
Malaysia :negara yang tertib
Thailand :cirri khas makananya
Vietnam :no comment


Name, age, contact number: devy,18,08161121870
Indonesia :kaya akan budaya tapi ga pernah diperhatikan
Singapore :aman dan tempat shopping
Malaysia :menara petronas
Thailand :negara yang mirip sama laos
Vietnam :keb.vietnam sama dgn keb.indonesia

Name, age, contact number: David, 24,08151819661
Indonesia :rich culture
Singapore :pendidikan yang bagus
Malaysia :nasi lemak, menara petronas
Thailand :rich wisata kulinernya
Vietnam :no comment

Name, age, contact number: liecha ,20,08193883889
Indonesia : monas ,ancol ,borobudur
Singapore : aman ,bersih ,sentosa island
Malaysia : petronas twin tower
Thailand : tempat shopping yang murah
Vietnam : no comment

Name, age, contact number: evielyn , 21 ,0816850796
Indonesia : unique culture
Singapore : aman dan bersih
Malaysia : makananya murah
Thailand : shopping nya murah
Vietnam : tidak tahu banyak


Name, age, contact number: sri dewita ,17,0817100600
Indonesia : kotor ,gak aman ,butuh perbaikan
Singapore : bersih dan aman
Malaysia : casino
Thailand : banci show
Vietnam : good

Name, age, contact number: halim kusuma ,25, 0818849390
Indonesia : adat yang unik
Singapore : transit place
Malaysia : theme park in genting island
Thailand : a lot of temple
Vietnam : good enough

Name, age, contact number: Monica ,16,0818873113
Indonesia : banyak propinsi nya
Singapore : perkembangan yang pesat
Malaysia : genting island and casino
Thailand : banci show
Vietnam : no idea

KESIMPULAN
Berdasarkan hasil reset, persepsi orang banyak tentang :
Indonesia, adalah negara yang yang memiliki banyak pulau dan kebudayaan yang bervariasi tetapi kurang dikembangkan da kurang dieksplor.
Malaysia, adalah negara yang memiliki ciri khas dengan Menat\ra Petronasnya,dan Casino de Gentingnya, tetapi keadaannya tidak jauh berbeda dengan Indonesia.
Singapore, adalah negara kecil di Asia tetapi berhasil di bidang ekonominya dan merupakan negara yang tertib,aman,bersih,dan rapi.
Thailand, adalah negara yang terkenal dengan waria dan tempat belanja yang murah.
Vietnam, kurang banyak yang tahu tentang Vietnam, hal ini menunjukkan bahwa Vietnam kurang berhasil di bidang pariwisatanya.

3. Jika kamu adalah seorang marketing director untuk Indonesia Visit Year 2008, strategi apakah yang akan dijalankan berdasarkan data dari pertanyaan nomor 2 di atas.
Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan sebenarnya memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan, tapi sayangnya image Indonesia jatuh di mata dunia internasional sejak Kerusuhan Mei 1998 dan peristiwa bom bali. Karena sangat penting untuk memperbaiki image yang baik tentang Indonesia, yaitu dengan cara membuktikan bahwa Indonesia adalah negara yang aman dan nyaman. Tentunya hal ini dapat diwujudkan dengan bekerjasama dengan pemerintah. Tidak hanya Bali, daerah-daerah seperti Sumatra, Kalimantan, Papua juga harus dikembangkan karena memiliki potensial yang tinggi.

a. Objektif dari Visit Indonesia Year 2008
menarik perhatian dari para turis mancanegara agar tertarik dan mau berwisata ke daerah-daerah di Indonesia. Selama ini dunia internasional hanya mengenal Bali sebagai bagian dari negara Indonesia. Bahkan banyak turis internasional yang mengenal Bali tetapi asing jika mendengar Indonesia. Karena itu, diharapkan dengan progam Visit Indonesia Year 2008 ini, dunia internasional dapat mengenal Indonesia lebih jauh,tidak hanya Bali dan Pulau Jawa, tetapi juga dapat lebih mengenal Sumatera Utara, Sumatera Selatan,Kepulauan Riau, Kalimantan Timur ,dan Papua Barat, dan juga dapat meningkatkan devisa negara dari sector pariwisata. Target ini diharapkan dapat dipenuhi sepanjang tahun 2008.

b. Strategi marketing Visit Indonesia Year 2008
b.i. Strategi marketing Seluruh dunia
mengadakan event-event yang menunjukkan ciri khas masing-masing daerah dan berusaha agar dapat diliput oleh dunia internasional dan local, seperti melalui CNN,Cable,Seputar Indonesia, Liputan 6,dll.
Melakukan pendekatan langsung kepada target audience.


b.ii. Strategi advertising, public Relation dan event
Event
Karena strategi yang saya jalankan lebih ke pendekatan langsung, maka event yang akan diadakan bernama ‘Indonesia Road Tour’ , dimana konsepnya seperti festival parade budaya Indonesia tidak di tempat-tempat resmi yang biasa diadakan, tetapi di tempat-tempat atau jalan-jalan yang ramai dikunjungi turis asing lainnya dan masyarakat setempat.

Public Relation
Dengan mengundang Miss Indonesia dan Putri Indonesia untuk mewakili image negara Indonesia, juga mengundang artis terkenal setempat (contoh; Siti Nurhaliza untuk Malaysia, Hadi Mirza untuk Singapore).


Advertising Srategy

Melalui media cetak dan media TV.
Melalui media cetak, dimuat di majalah-majalah dari kalangan remaja sampai dewasa.
Melalui media TV, diliput di acara berita bertaraf internasional,seperti CNN, Cable, Metro TV.

b.iii. Jumlah Pengunjung yang ditargetkan datang ke ‘Indonesia Road Tour’
 500.000 pengunjung/ hari

c. Buatlah waktu perencanaan untuk strategi marketing ‘Indonesia Road Tour’ dalam mendukung Visit Indonesia Year 2008.
 January – Februari : promosi melalui iklan berupa teaser billboard dan teaser poster, dengan tujuan untuk meciptakan rasa penasaran target audience.
 Maret-April : promosi melalui brochure, iklan di media cetak, dan iklan TV.
 Juni-Juli : pelaksanaan ‘Indonesia Road Tour’
 Agustus–November : promosi dari Tour Agency dan maskapai penerbangan yang bekerjasama, juga disertai dengan brochure dan poster.
 Desember : akhir dari perencanaan, sehingga di bulan ini dapat terlihat apakah usaha ini benar te ;ah berhasil atau tidak.

c.i. Perencanaan marketing
Untuk menjalankan strategi yang direncanakan ,yaitu dengan menjalankan event ‘Indonesia Road Tour’ yang akan diadakan pada tanggal 15 Juni s/d 15Juli.

BUDGET
Memakan biaya kurang lebih 85 milliar rupiah.


c.ii. Advertising
- teaser billboard, di sepanjang jalan yang merupakan tempat diadakannya acara.
- poster and brochure yang dibagikan di shopping center, restaurant, majalah dan juga koran,juga di maskapai penerbangan yang bekerjasama (iklan terlampir).
-iklan TV, berupa rangkaian budaya Indonesia yang menunjukkan kebudayaannya dan pemandangan daerah yang ditonjolkan berupa short-clips.

c.iii. Progam perencanaan Public relation
Tentunya Miss Indonesia dan Putri Indonesia, juga artis terkenal negara yang bersangkutan juga diundang untuk mengisi acara di negara yang bersangkutan. Juga bekerja sama dengan Tour Agency terkenal setempat dan local untuk mempromosikan Indonesia sebagai tujuan wisata yang bagus. Dimana kita, Indonesia juga menyediakan hal yang sama.

Miss Indonesia dan Putri Indonesia merupakan bintang tamu yang dibutuhkan karena mereka mewakili image dari negara Indonesia sendiri. Dengan adanya mereka, diharapkan target audience dapat menilai Indonesia lebih positif.

c.iv. Perencanaan Event

Untuk permulaan, akan dimulai dari negara tetangga,yaitu Malaysia dan Singapore.
Sepanjang jalan yang dilewati akan dibentangkan Red Carpet, ini menunjukkan bahwa Indonesia adalah tujuan pariwisata utama bagi Anda yang ingin merasakan Eksotisme dunia.
-Malaysia, tempat yang terkenal dan ramai dikunjungi adalah Bukit Bintang. Di sepanjang jalan ini terdapat shopping center,club, tempat-tempat makan yang menyediakan cita rasa khas Malaysia,dan tempat menarik lainnya. Juga ada PECINAN yang merupakan pusat perbelanjaan mayoritas etnis cina di Kuala Lumpur. Berdasarkan pemikiran ini, Event akan diadakan di tempat yang telah disebutkan di atas. Contohnya; diadakan parade tari Jaipong ( jawa), Tari Barong ( Bali), Tari Kecak (Aceh), dll di jalan-jalan tersebut.
-Begitu juga dengan di Singapore, Parade ini akan dijalankan di ORCHARD ROAD, karena di sepanjang jalan ini terdapat shopping center,club, tempat-tempat makan yang menyediakan cita rasa khas Singapore,dan tempat menarik lainnya.
-Tentunya event ini merupakan ajang promosi untuk Indonesia di Singapore dan Malaysia. Jadi juga disediakan stand-stand yang menyediakan fasilitas tour ke Indonesia.
-Selain parade budaya langsung dengan terjun ke masyarakat, perlu ada pertemuan antara duta Negara Indonesia dengan duta pariwisata dari negara yang bersangkutan.
-Waktu : Desember ( Natal 2008), Januari (awal tahun), Juni-Juli ( Liburan)

4. Apa yang membuat Anda yakin bahwa strategi Anda akan berhasil?
Saya yakin bahwa acara ini akan berhasil karena pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan secara langsung. Pendekatan ini terbukti efektif dalam mempengaruhi emosi target dan responnya dapat langsung diketahui saat itu juga, sehingga dapat diukur apakah target dapat dicapai ata u tidak. Jika memang parade dan event yang menunjukkan Indonesia bagus dan menarik, maka target akan merasa tertarik dan tertantang untuk datang langsung ke Indonesia dan merasakan truly Indonesia.
























Daftar Pustaka
• Majalah Gogirl! Edisi February 2008
• www.business-in-asia.com
• www.my-indonesia.info
• www.accessmylibrary.com
• www.medasiahealthcare.com
• www.researchandmarkets.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar