Senin, 05 April 2010

CONTOH RISET MAJALAH AYAHBUNDA

CONTOH RISET MAJALAH AYAHBUNDA
(dibuat untuk melengkapi tugas pada semester 5)

• ALAT SURVEY : KUESIONER
• TEKNIK PENGAMBILAN CONTOH : METODE NON PROBABILITY SAMPLING (TIDAK ACAK) DAN JUDGEMENT SAMPLING ( SENGAJA MENENTUKAN RESPONDEN YANG AKAN DITELITI)
• RESPONDEN : PEMASANG IKLAN YANG PERUSAHAANNYA BERADA DI JAKARTA
• Jumlah Responden : 50 orang mewakili 50 perusahaan iklan dari 100 perusahaan yang ada.
• Masalah : kompetisi yang ketat untuk memperebutkan "kue" iklan dan khalayak pembaca agar dapat mempertahankan kelangsungan hidup majalah
• Teknik pengolahan data : Analisis Deskriptif untuk menyimpulkan data mentah dalam jumlah besar sehingga hasilnya dapat ditafsirkan, Analisis Thurstone untuk mendapatkan tingkat kepentingan prioritas yang menjadi pertimbangan konsumen industri dalam mengambil keputusan untuk melakukan proses pembelian iklan di Majalah Ayahbunda dan Analisis Biplot untuk menggambarkan posisi Majalah Ayahbunda berdasarkan atribut - atribut yang penting dalam mempengaruhi proses pembelian iklan di Majalah Ayahbunda.

Penelitian ini bertujuan untuk :
(1) Mengetahui profil konsumen industri Majalah Ayahbunda,
(2) Menganalisis perilaku konsumen industri terhadap berbagai atribut pembelian iklan di majalah terutama Majalah Ayahbunda,
(3) Mengetahui posisi Majalah Ayahbunda dibandingkan dengan media cetak sejenis berdasarkan persepsi konsumen industri Majalah Ayahbunda terhadap atribut - atribut yang berpengaruh dalam proses pembelian iklan di majalah.
(4) Mengetahui faktor-faktor apa saja yang paling penting untuk mempengaruhi konsumen industri dalam proses pembelian iklan di majalah.
(5) Memberikan masukan-masukan bagi perumusan strategi pemasaran iklan Majalah Ayahbunda berdasarkan analisis hasil penelitian

Kesimpulan
Langkah-langkah pemasaran yang dapat dilakukan oleh Majalah Ayahbunda dalam rangka mendukung strategi Segmentasi, Targeting dan Positioning (STP) adalah menggunakan konsep 4 P yaitu :
1. Produk dengan melakukan perbaikan dari segi kualitas majalah baik dari segi isi maupun hasil cetak,
2. Promosi dengan melakukan pendekatan yang lebih intensif lagi kepada para pemasang iklan dan harus selalu menginformasikan rencana redaksional dan kegiatan yang akan dilakukan,
3. Harga dengan memberikan harga iklan yang dapat bersaing melalui paket - paket pemasangan iklan yang menarik dan
4. Distribusi dengan memperhatikan saluran distribusi penyebaran Majalah agar dapat tersebar ke konsumen industri yang potensial.

• 90 % mendapat informasi AyahBunda secara langsung
• kategori produk terbesar untuk beriklan di Majalah Ayahbunda, menurut responden adalah : produk susu (88 persen), suplemen (48 persen), perlengkapan bayi (46 persen) dan perbankan (34 persen).
• Alasan terbesar responden dari perusahaan langsung/ produsen memilih Majalah Ayahbunda sebagai media untuk beriklan adalah : readership majalah (95,83 persen), oplah majalah (87,50 persen) dan distribusi majalah (62,50 persen).
• Selain majalah Ayahbunda, prioritas utama adalah Tabloid Nakita
• beberapa kriteria memilih majalah sebagai media penempatan iklan adalah : mempunyai positioning yang jelas (94 persen), target konsumen yang sama (92 persen) dan dapat menumbuhkan image pada produk (72 persen)
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar