Senin, 05 April 2010

ANALISA STRUKTUR ORAGNISASI DALAM PERUSAHAAN JASA 'SYMPHONY SALON'

Perusahaan Jasa

SYMPHONY

Jln. Muara Karang Blok Y3 Timur no.8
Jakarta – Utara
Telp: (021) 6627223
Jam kerja: Senin-Sabtu 8.30 s/d 19.00, Minggu 8.30 s/d 16.00


Visi : ingin menjadi salon khusus kecantikan wanita yang dapat memuaskan pelanggannya baik dalam manicure, pedicure, lulur maupun facial.

Misi : memberikan pelayanan yang memuaskan dengan memenuhi permintaan pelanggan dan melayani dengan senang hati.

1. Struktur Organisasi
DIREKTUR
WAKIL DIREKTUR
ASISTEN WAKIL DIREKTUR
KARYAWAN

2. Job Description
Direktur
Menyediakan dana serta mengambil keputusan dan mengatur jalannya perusahan.
Wakil Direktur
Menggantikan posisi direktur saat direktur tidak berada di tempat, merangkap sebagai bagian finance/keuangan.
Asisten Wakil Direktur
Membantu tugas Wakil Direktur dan merangkap sebagai sekretaris yang menjawab dan mencatat telepon dan pesan-pesan yang masuk atau keluar.
Karyawan:
 Manicure / Pedicure & Facial : Yang menggambarkan hiasan pada kuku kaki dan kuku tangan pelanggan serta memberi perawatan pada kuku. Mereka juga bertugas untuk melakukan facial.
 Lulur : Yang memijat, melulur serta merelaksasikan tubuh pelanggan, memberi steam, mandi susu serta masker tubuh.
 Pembantu : Yang bertanggung jawab atas kebersihan lingkungan di dalam perusahaan.

3. Staf Administrasi dan tugasnya
Tidak ada staff administrasi khusus, karena Symphony merupakan home industry sehingga tugas-tugas administrasi dijalankan oleh wakil direktur dibantu oleh seorang asisten wakil direktur.
Tugas-tugasnya adalah sebagai berikut :
o menggaji karyawan
o menerima pembayaran dari customer
o mengurus pembayaran produk dan alat-alat yang dibutuhkan
o bertindak sebagai resepsionis (sekretaris)

4. Penerapan fungsi manajemen
• Planning : meningkatkan omset dan memperbanyak customer .
• Organising : menempatkan karyawan sesuai dengan bidangnya masing-masing, mengatur dan mengecek produk dan alat-alat yang diperlukan.
• Controlling : mengadakan rapat 1 kali dalam sebulan.
• Evaluation : mengevaluasi hasil kerja setiap hari.
• Feedback : mendapat saran dan kritik, baik dari karyawan maupun dari customer.

5. Competitor
Iva Skin Care dan Anna Salon

6. Kesejahteraan Karyawan
a) gaji tetap bulanan
b) komisi sebesar 10 % dari pembayaran customer
c) Tunjangan Hari Raya
d) bonus tahunan

7. Promosi
a) melalui brosur yang dibagikan ke daerah pluit dan muara karang
b) menyediakan program member kepada customer yang memberikan keuntungan kepada pihak customer ( Rp 250000,- untuk 13x manipadi, Rp 125000 untuk 6x)

8. Suka-Duka
a) mendapat banyak teman baru
b) dapat mengembangkan kreatifitas
c) memperoleh kepuasaan saat melihat customer senang
d) dikomplain oleh customer karena merasa tidak puas
e) harus sabar dalam menghadapi customer
f) membutuhkan ketelitian yang tinggi dalam bekerja

9. Modal
Sekitar Rp 500.000.000,-
- sewa ruko : Rp 60.000.000/tahun
- gaji karyawan : Rp 15.000.000/bulan
- peralatan : Rp 300.000.000

10. Pendapatan
Sekitar Rp 3.000.000/hari

11. Price List
 Collagen Rp 100.000
 Facial Rp 60.000
 Perawatan lingkaran mata dan keriput Rp 35.000
 Keriting bulu mata Rp 50.000
 Memutihkan badan Rp 120.000
 Memutihkan tangan Rp 50.000
 Perawatan kuku tangan Rp 25.000
 Perawatan kuku kaki RP 25.000
 Perawatan payudara Rp 120.000
 Lulur Rp 60.000
 Melangsingkan badan (perut/tangan/kaki) Rp 100.000
 Laser flek-flek hitam Rp10000/bh
 Setiap 1 paket = 5 kali (gratis 1 kali)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar